Pengalaman Perpanjang STNK 5 Tahunan

Hi, bre, eh bro
Gue mau cerita nih, tentang pengalaman kemarin perpanjang STNK untuk periode tahun ke 5.
Okeh seperti biasanya, kalau tiap tahun kan wajib tuh perpanjang STNK, stnk nya sih gak diganti cuma di cap aja, yang diganti cuma kertas PKB nya, alias pajak kendaraan.
Nah bedanya dengan aktifitas tahunan, pada tahun kelima ini gw rada riweuh nih.
Berangkat entah jam berapa, karena gak sempet liat jam, langsung cus aja, nyampe sana kira kira 08:30 han, sudah terlihat gerombolan wajib pajak yang hendak membayar pajak ^_^
Sesuai bisikan dari seseorang, begitu masuk saya langsung ke tempat foto copy an dibagian belakang, tidak langsung ke bagian pendaftaran.
Karena kalau langsungpun percuma, pasti tetep disuruh mlipir ke tempat ngopi photo, buat menuhin berkasnya.
Sape di tempat ngopi, si CS alias tukang kopi nanya, untuk keperluan apa?, langsung aye bilang perpanjang stnk gan ganti plat. Ooh ktp stnk dan slip pajak pun diminta. Dijajarin semua, terus difotocopy dalam satu lembar.
Setelah itu KTP nya dimasukin plasti terus di jepret (istilah gw kalo ngegabungin kertas pake hekter), begitu juga dengan stnk dan slip pajak yg aslinya, yang belakangan baru gw tau itu namanya SKPD, hihi, padahal disana dah tertulis jelas Surat Ketetapan Pajak Daerah.
Setelah itu fotocopyan yg telah dihekter dengan ktp dll tersebut dimasukan kedalam map berwarna merah, terus do’i langsung bilang, Lima Ribu. Hah?, gw bengong sementara, beberapa saat kemudian baru sadar, ya sudah lah saya setorkan 5ribu ke tukang kopi tersebut sambil nanya, abis ini kemana?, Taro aja di pendaftaran, entar dipanggil, kata tukang kopi tadi.
Sesampai di meja pendaftaran, ternyata benar, banyak yang belum menyiapkan persyaratan mereka disuruh ke tukang kopi atau pulang untuk melengkapinya. Pas giliran saya dipanggil, saya diberi form yang harus di isi.
Isinya sih sebenernya tinggal nyalin apa yang ada di ktp dan di stnk seperti nama, alamat, merek, tipe jenis, model, dan tahun pembuatan kendaraan, serta isi silinder atau HP nya, tak lupa nomer rangka dan nomer mesinnya.
Setelah diisi semua, formulir pun di serahkan ke pendaftaran untuk diperiksa lagi. Setelah diperiksa, formulir diserahkan kembali ke saya, hah? bingung kan. gw aja bingung, namun do’i bilang, mas sekarang keluar, terus ke belakang gedung ini, disana ada bagian arsip, cari aja, terus kasih formulir ini.
disini tidak ada biaya apapun pada sesi ini.
Berikutnya sampailah saya di ruang arsip, disana ngantri lagi, hmm.. lumayan lama lah, namun berhubung gw baru datang, dan tumpukan berkas gw otomatis ditaruh diatas dari map-map yang sudah numpuh. Hm.. alamat lama nih.. gerutu dalam hati..
Tik tok tik tok.. beberapa saat kemudian, gk inget nunggu nya berapa menit entah berapa jam.. eh nama gw dipanggil.. formulir tadi dibalikin lagi.. heh??.. ternyata cuma ditambahin kertas copy an arsip..
Nyampe sini gw bingung karena gak ada petunjuk tambahan.. sesaat gw nanya, pak habis dari sini kemana.. hmm bukan jawaban yg didapan, hanya tatapan dengan sorot mata yg tajam..
Daripada kena marah gw pun inisiatif ninggalin ruangan itu, sesaat sebelum pergi eh ternyata do’i bunyi juga, cek pisik katanya.. wwee..ehh.. cek pisik (dalam hati, bingung)..
OO cek pisik, makasih pak, jawab gw sekenanya, gw pun beranjak pergi.. didepan pintu ada sedikit celetukan dari para pengantri (wah dek ko kamu bisa cepet dipanggil gitu.. saya yg dari tadi ngantri aja belum kepanggil, nyogok ya..)
Gubrag.. (dongkol dalem hati sih, denger celetukan model gitu) tapi gue tinggalin aja.. tanpa jawaban..
Diluar gedung gw kebingungan, kemana harus menentukan arah, eh akhirnya bertemu dengan kake kake yg mau perpanjang stnk juga.
gw pun nyapa, pa perpanjang stnk juga, iya deh jawabnya, kalo cek pisik tuh ngapain pa, cape gk? sambung gue nanya
hehe, si kake malah ketawa, kendaraannya dek yg di cek, bukan orangnya, yuk bareng aja.
Gw pun mengikutinyaa, hmm..akhirnya ada penolong disaat kebingungan..
Sesampainya di ruang cek pisik, kita pun menyetorkan formulir tadi.. tumpukan masih tipis, tumpukan kita hanya beberapa lembar dari bawah.., selang beberapa lama, tumpukan pun mulai menumpuk.. dan kejadian sebelumnya pun terjadi..
Tumpukan yang paling atas yang dipanggil terlebih dahulu.. hahaha.. (disini gw merasa apes), kenapa gak gw pegang aja dulu nunggu tumpukannya ngegunung baru gw taro tuh berkas (ngedumel dalam hati), tapi ngeliat si kake yg sabar, gw pun parah menerima takdir (lebay, haha)
Akhirnya giliran dipanggilpun tiba, map yang berisi berkas gw pun di buka, terus dimasukan sejenis stiker atau entah apa namanya, katanya buat cek pisik, terus suruh digosok katanya.. berkas pun gw terima kembali..
Disini gw gak langsung out dari tu tempat, tapi duduk dulu, merhatiin kemana arahnya peserta setelah gw beranjak..
peserta pertama, bawa motornya ke suatu tempat yang sudah ready orang disana, mungkin tempat ngegosok yang dimaksud..
peserta kedua, motornya tetap ditempat, tapi do’i bongkar bagian sayap dan joknya, disana do’i masang ntuh stiker terus dilepas lah.
Dari hasil pengamatan, peserta pertama kondisinya bersih-bersih aja, tapi ngerogoh kocek 10rb buat juru gosok, peserta kedua kondisi kumel, tangan penuh oli, tapi free no additional charge
Gw pilih mana?
yupz, bisa ditebak, daripada bela-belain duit 10rb tapi harus kotor kotoran, dan juga gw gak bawa alat buat bongkar bongkar, gw lebih iklas buat donasi 10rb buat tukang gosok.
Dari hasil pengamatan yg gosok sendiri, dengan gosok via tukang lebih banyak ke tukang, disini gak ada invoicenya, eh maksudnya retribusinya, jadi 10rb itu ya buat gantiin kotor kotoran. Murni ngasih sendiri, gak dipaksa, karena liat yg lain yg via tukang gosok pada setor segitu, hehe.. (halah bilang aja terpaksa karena keadaan, haha)
Selepas dari tukang gosok, tuh berkas formulir kini lengkap dengan stiker hasil gosokan, berserta selembar keterangan dari tukang gosok, kemudian motor saya parkirkan lagi ketempatnya, setelah itu kembali ke ruang cek pisik
Sampai sana alhamduliah tumpukan saya paling atas pas mau diambil sama petugas, otomatis dipanggilnya juga rada cepet..
Sama petugas cek pisik, kemudian kertas yg dari tukang gosok di orek orek, entah ditanda tangan atau dicap, kemudian diserahkan kembali ke saya..
Dengan senangnya dari tempat cek pisik, saya melenggang ke gedung utama untuk melakukan pendaftaran, berkaspun ditumpukan kembali, kali ini berada dibagian tengah sebelum tuh berkas diambil.
Karena hawa sejuk dari AC ruangan, saya pun hampir sempat ketiduran, karena cuacanya kontras didalam dan diluar.
Akhirnya gw pun dipanggil, gw langsung menghadap, gw kira dah bisa langsung bayar, eh gataunya cuma dikasih nomer antrian, sama hal dengan yg lainnya pun sama, dipanggil untuk mendapatkan nomor antrian..
Sampai sini gw bener-bener diuji kesabaran..
Sesaat gw inget kake yg sebelumnya, do’i saat sabar banget, gw yg tadinya agak kesel akhirnya ciut, dan mulai menerima keadaan..
Dari sekian proses yg gw jalani sebelumnya, gw kira ini proses yg paling lama deh, gw sempet sempetnya nonton Boruto 2 Episode dari HP saking betenya nungguin. (oops ketauan deh suka nonton anime)
Giliran dipanggilpun datang, gw pun langsung disuruh bayar sesuai nominal yg disebutkan teller, sampai disini gw merasa proses penantian telah berakhir, namun ternyata tidak saudara-saudara, setelah mengurus administrasi, ternyata harus menunggu lagi.. untuk mendapatkan dua lembar kertas baru yg barusan gw tebus, STNK dan SKPD (surat pajak motor)
Jam pun menujukan pukul 12:30, gw baru ngeh ini dah masuk jam istirahat ketika melihat orang-orang yg tadinya duduk di kursi pada keluar, hampir semua, gw cek jam yg ada di dinding eh ternyata dah siang, gw pun keluar cari makan seadanya, disamping nemu kantin yang kelihatannya murah dan terjangkau.
Karena haus gw pun beli air mineral tersebih dahulu, hm.. 5rb untuk sebotol mineral, oke lah wajar, yg penting dahaga telah teratasi, sekarang urusan perut, saya pun menghampiri tukang baso, soal rasa saya kurang tau, karena dari pagi saya belum makan, tuh baso pun habis, kecuali mangkok dan sendoknya, fee 15 ribu, hm.. oke lah meskipun sedikit rada eggak wajar. mungkin yg jualan makanan dan minuman disini kena pajak kendaraan bermotor, selain ppn, sehingga harga dagangannya relatif diatas standar untuk daerah sini.
Setelah urusan perut teratasi, gw pun beranjak masuk kembali kedalam gedung, hm.. seger banget, masih kosong, dingin, karena masih belum banyak orang, setelah nunggu beberapa menit, mungkin ada 30, aktifitas pun kembali dibuka, sudah terlihat ada yg bayar lagi, dan gw, masih nunggu giliran dipanggil untuk yg lain, karena urusan admin dah beres sebelum istirahat.
Setelah beres nonton boruto lagi 1 episode 32 atau 23 gw llupa, akhirnya gw pun dipanggil menghadap, disini gw nuker struk dengan STNK dan surat PKB (pajak kendaraan bermotor), disini gw dikasih tau untuk ambil plat nomor di belakang ruang cek pisik. (akhirnya ada juga yang baik)
Sesampainya di tempat pencetakan plat nomor, disana sudah tertumpuk beberapa stnk yg mau dicetakan, beruntung saya datang telat, stnk saya paling atas, dan paling pertama dicetak tentunya, dari belakang terlihat beberapa orang agak ngedumel ngelihat saya yg baru datang sudah mendapatkan plat nomor lagi, hehe, untuk pada sesi ini, gak ada biaya, free karena sudah tercantum pada surat pajaknya.
Setelah selesaipun akhirnya gw meninggalkan lokasi, untuk beranjak pulang ke rumah.
Nah sekian itu sekelumit cerita pengalaman gw tentang ngurus perpanjangan tahun ke 5, untuk yang per tahun biasanya gw suka ke mobil samsat yg ada dipinggir jalan, selain cepet biayanya pun sama aja dengan bayar ke kantor samsatnya langsung.

Ada sedikit pembeda antara biaya pertama kali biaya tahunan dan biaya tahun ke 5

biaya pertama kali
biasanya ada biaya bea balik nama, dll, biasanya lumayan tinggi, dan juga biasanya dibayarkan oleh pihak dealer jika kita beli kendaraan dalam keadaaan on the road, lain halnya kalau off the road, semua biaya pajaknya kita yg bayar

biaya tahunan
nah ini biayanya relatif murah, karena cuma bayar pajaknya aja, cukup foto copy ktp, stnk dan surat pajak, gak perlu pake map (kalo di mobil samsat keliling, entah kalo di kantornya langsung)

biaya tahun ke 5
kalo yg ini tergantung situasi kondisi toleransi dan okupansi, hehe, maksudnya ada biaya lain-lain yg ditimbulkan selama proses ini, diluar biaya yg tertera pada surat pajaknya, misalnya, ngupahin orang, makan, dll

oh iya gw gak nyebutin berapa pajak yg gw bayar, karena tiap motor pasti pajaknya beda-beda
tapi seinget gw, yg beda dari biaya tahunan dan biaya 5 tahunan yaitu pada pajak tahun ke 5 ada biaya STNK dan TNKB, karena pada tahun ke 5 kertas STNk dan plat nomornya diganti, lain halnya kalau tahunan yang diganti hanya kertas pajaknya aja

okee segitu dulu, yg seinget gw cuma segitu, kalau ada yg lupa atau ditambahin maklum aja, karena tulisan ini gak langsung diposting sesaat setelah kegiatan ini dilakukan, kalau gak asalah kira-kira ada sekitaran 2-3 minggu yang lalu, dihari Kamis

{ Add a Comment }

Kode Rahasia Ban Motor

Hari ini gue dipusingkan dengan masalah ban, masalahnya sih gak terlalu berat, ban motor gue masih bisa dibawah riding tiap hari, namun ada sedikit kekhawatiran, karena di kedua ban baik ban depan maupun ban belakang dah mulai ada retak retak yang cukup mengerikan, oleh karena itu saya tidak dapat mengendarai motor dengan kecepatan seperti biasanya. Wayahna rada kabeurangan masuk kerjana, watir mun dibawa ngebut.
Okeh motor gue yamaha jupiter mx 135, keluaran tahun 2012, nah bulan depan kira-kira pas 5 tahun ntuh motor, lumayan awet juga ya ban luarnya.. kalau ban dalem yang depan pun awet, hanya ban belakang saja yang beberapa kali ganti, wajar kena paku joss…
Ban luar motor gue itu bawaan pabrik pas beli, kalau istilah linggisnya factory default, dengan kode D102FA 70/90-17 M/C 38P untuk ban depan, dan kode D102A 80/90-17 M/C 44P, entah itu apa gak ngerti maksudnya itu kode, tapi tiap tukang tambal ban mau ganti band dalem, suka liat kode itu yang ada di ban luarnya.
Hari ini pun gue mulai ngider ke beberapa toko ban yang ada di sekitaran purwakarta berbekal kode tersebut, ternyata eh ternyata gak ada gak ada satupun yang jual ban dunlop dengan kode seperti itu. malah beberapa toko menyarankan merek lain yang ukurannya sama, katanya… namun pada saat itu gw masih bilang nggak, nanti lagi, mau cek dulu ke yang lain.
karena udah muter-muter nyari gak ada, akhirnya gw cobain untuk cek di onlen store, dan ternyata memang benar, yang jual jarang, paling nemu dikit, harganya wow.
teringat kata si emang di bengkel yang bilang ukurannya sama, akhirnya gw coba cari tau maksud dari kode itu
dan hasilnya lumayan cukup mengagetkan, ternyata itu kode rahasia udah umum bagi tukang bengkel, mereka sangat paham betul maksud dari kode itu..
okeh kita buka rahasianya sedikit, demi sedikit, misalnya dari kode ban depan D102FA 70/90-17 M/C 38P
pertama kode D102FA, D itu menandakan bahwa itu ban merek dunlop, 102 itu adalah seri dari bannya, sedangkan F itu maksudnya Front alias depan, jadi kalo ada kode R nya berarti Rear alias belakang, nah kalau A setelah F masih belum nemu kunci jawabannya
Kemudian beralih ke 70/90-17, maksud 70 itu adalah maksudnya itu ban lebarnya 70mm, dan 90 itu adalah persentase rasio tinggi ban dari lebar ban, coba sendiri 90% nya dari 70 mm, nah pokoknya sekian deh, kemudian 17, nah kode 17 itu adalah kode ukuran dari velg atau velk ban yang kita gunakan, jadi kalau tulisannya 17 berarti ntuh ban untuk velg yang ukurannya 17 inchi
Nah kemudian beralih ke kode M/C, C nya itu maksudnya Compound dari ban, artinya cek sendiri di gugel, nah kode kode dari Compound itu yang gw tau ada tiga yaitu H, M dan S.
Kode Compound Ban
H = Hard
M = Medium
S = Soft
Setelah ini beralih ke bagian akhir yaitu 38P, ini adalah kode untuk kekuatan beban dari ban, 38P itu maksudnya beban maksimum 132kg dengan kecepatan maksimum 150km/jam
Kode Beban dan Kecepatan
INDEX BEBAN INDEX SPEED
KODE BEBAN KODE SPEED
30 106 kg B 50 km/jam
31 109 kg C 60 km/jam
32 118 kg D 65 km/jam
33 115 kg E 70 km/jam
38 132 kg F 80 km/jam
40 140 kg G 90 km/jam
41 145 kg J 100 km/jam
42 150 kg K 110 km/jam
43 155 kg L 120 km/jam
44 160 kg M 130 km/jam
45 165 kg N 140 km/jam
46 170 kg P 150 km/jam
47 175 kg T 190 km/jam
48 180 kg U 200 km/jam
Selain itu kadang juga kita menemukan kode lain misalnya TT atau TB, kalau TT biasanya Tube Type alias pake ban dalem, kalau TB biasanya istilah untuk Tubeless alias gak pake ban dalem.
dah segitu dulu save info nya, sekarang mau cari ban dulu yang cocok dengan kode tersebut

{ Add a Comment }

Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkarakter memperkenalkan istilah Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK). EEK ini diletakkan di dalam prosedur pembelajaran pada bagian inti. Mari kita bahas pengertiannya satu persatu.

Pengertian Eksplorasi

Eksplorasi adalah kegiatan pembelajaran yang digunakan untuk membuat rencana untuk membangun pengetahuan dasar siswa. Misalnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk Reading skills, siswa diperkenalkan kosakata yang akan dipakai dalam teks. Atau dilakukan review vocabulary untuk mengetahui kemampuan awal siswa sehingga tidak mengalami kesulitan dalam pembelajaran reading.

Pengertian Elaborasi

Elaborasi adalah kegiatan inti pembelajaran. Misalnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris reading skills siswa diminta melakukan serangkaian kegiatan misalnya menjawab pertanyaan tentang isi teks, menemukan pokok pikiran atau informasi detil dari bacaan.

Pengertian Konfirmasi

Konfirmasi merupakan tahap akhir dari pembelajaran. Pada bagian ini guru memberikan feedback terhadap para peserta didik. Misalnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris Reading Skills, guru memberikan penguatan atau pembetulan error yang dilakukan siswa selama kegiatan belajar mengajar.

Bagaimana susunan kegiatan pembelajaran dengan EEK ini?

Karena disusupi oleh Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK), maka susunan kegiatan pembelajaran menjadi seperti di bawah ini:

1. Kegiatan Awal

2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi

3. Kegiatan Penutup

{ Add a Comment }

Tutorial Install Webserver Nginx PHP56-FPM dan MariaDB

yum -y epel-release
rpm -Uvh https://centos6.iuscommunity.org/ius-release.rpm
nano /etc/yum.repos.d/MariaDB.repo

copy this code to MariaDB.repo file
# MariaDB 5.5 CentOS repository list - created 2017-08-22 12:43 UTC
# http://downloads.mariadb.org/mariadb/repositories/
[mariadb]
name = MariaDB
baseurl = http://yum.mariadb.org/5.5/centos6-amd64
gpgkey=https://yum.mariadb.org/RPM-GPG-KEY-MariaDB
gpgcheck=1

save file, alt + x + s
next
yum -y install MariaDB-client MariaDB-server nginx php56u-fpm php56u-mbstring php56u-mcrypt php56u-mysql php56u-gd
done, next
chkconfig nginx on
chkconfig php-fpm on
chkconfig mysql on
service nginx start
service php-fpm start
service mysql start
mysql_secure_installation

{ Add a Comment }

Silabus SMK Teknik Komputer dan Jaringan

Setelah muter-muter keliling rumah om gugel dan kang ibing, akhirnya nemu juga nih silabus untuk SKJ jurusan TKJ, pengalaman baru deh, nyari silabus, nyusun rpp, dan nyiapin materi bahan ajar, lumayan mu met juga
Tahap sekarang adalah tahapan nyari silabus, cuma butuh untuk dua mata pelajaran sih, tapi daripada nanti mumet nyari lagi, lebih baik aku upload aja semuanya nyah ke sini, biar kalo nanti butuh tinggal sedot alias di unduh kalau bahasa baku nya.
Oh iya yang aku upload hanya spesifik kejuruannya aja, kalau yang umumnya gak di upload, soalnya dah pabalatak di gugel juga, kalau mau tepat nyari nya pake kang ibing
Nih silabusnya, kalau di lihat-lihat sih materinya hampir mirip dengan materi kuliah di teknik informatika atau di sistem informasi

Silabus TKJ Kelax X
Silabus Fisika Kelas X
Silabus Pemograman Dasar Kelas X
Silabus Sistem Komputer Kelas X
Silabus Perakitan Komputer Kelas X
Silabus Simulasi Digital Kelas X
Silabus Sistem Operasi Kelas X
Silabus Jaringan Dasar Kelas X
Silabus Pemograman Web Kelas X

Silabus Kelas XI
Silabus Komputer Terapan Kelas XI
Silabus Komunikasi Data Kelas XI
Silabus Sistem Operasi Jaringan Kelas XI
Silabus Administrasi Server Kelas XI
Silabus Rancang Bangun Jaringan Kelas XI
Silabus Fisika Kelas XI
Silabus Pemograman Dasar Kelas XI
Silabus Sistem Komputer Kelas XI

Silabus Kelas XII
Silabus Sistem Operasi Jaringan Kelas XII
Silabus Administrasi Server Kelas XII
Silabus Rancang Bangun Jaringan Kelas XII
Silabus Jaringan Nirkabel Kelas XII
Silabus Keamanan Jaringan Kelas XII
Silabus Trouble Shooting Jaringan Kelas XII
Silabus Kerja Proyek Kelas XII
nah sekian dulu postingan kali ini

{ Add a Comment }

Google Mail MX Record Values

Biar gak lupa, catet sini aja

Priority 1
aspmx.l.google.com.

Priority 5
alt1.aspmx.l.google.com
alt2.aspmx.l.google.com

Priority 10
alt3.aspmx.l.google.com
alt4.aspmx.l.google.com
aspmx2.googlemail.com
aspmx3.googlemail.com

Priority 20
alt5.aspmx.l.google.com
aspmx4.googlemail.com
aspmx5.googlemail.com

{ Add a Comment }

Topik Teknologi Informasi

1-Information Technology Architecture
2- Information Technology Governance
3- Electronic Business
4- Electronic Commerce
5- Information Technology Project Management
6- Information Technology Services
7- Information System and Technology Audit
8- Information Technology Strategic Planning
9- Software Development
10- Database Management
11- Information Technology Risk Management
12- Information Technology Security
13- Electronic Government
14- Electronic Procurement
15- Programming
16- Database System
17- Cloud Computing
18- Green Computing
19- Internet Of Things
20- Big Data
21- Enterprise Resource Planning
22- Supply Chain Management
23- Electronic Learning
24- Cyberlaw
25- Customer Relationship Management
26- Knowledge Management
27- Artificial Intelligence
28- Smart City
29- Technopreneurship
30- Cyber Ethics
31- Digital Marketing
32- Social Media
33- Mobile Computing
34- Business Intelligence
35- Computer Network and Infrastructure

{ Add a Comment }