Hari ini gue dipusingkan dengan masalah ban, masalahnya sih gak terlalu berat, ban motor gue masih bisa dibawah riding tiap hari, namun ada sedikit kekhawatiran, karena di kedua ban baik ban depan maupun ban belakang dah mulai ada retak retak yang cukup mengerikan, oleh karena itu saya tidak dapat mengendarai motor dengan kecepatan seperti biasanya. Wayahna rada kabeurangan masuk kerjana, watir mun dibawa ngebut.
Okeh motor gue yamaha jupiter mx 135, keluaran tahun 2012, nah bulan depan kira-kira pas 5 tahun ntuh motor, lumayan awet juga ya ban luarnya.. kalau ban dalem yang depan pun awet, hanya ban belakang saja yang beberapa kali ganti, wajar kena paku joss…
Ban luar motor gue itu bawaan pabrik pas beli, kalau istilah linggisnya factory default, dengan kode D102FA 70/90-17 M/C 38P untuk ban depan, dan kode D102A 80/90-17 M/C 44P, entah itu apa gak ngerti maksudnya itu kode, tapi tiap tukang tambal ban mau ganti band dalem, suka liat kode itu yang ada di ban luarnya.
Hari ini pun gue mulai ngider ke beberapa toko ban yang ada di sekitaran purwakarta berbekal kode tersebut, ternyata eh ternyata gak ada gak ada satupun yang jual ban dunlop dengan kode seperti itu. malah beberapa toko menyarankan merek lain yang ukurannya sama, katanya… namun pada saat itu gw masih bilang nggak, nanti lagi, mau cek dulu ke yang lain.
karena udah muter-muter nyari gak ada, akhirnya gw cobain untuk cek di onlen store, dan ternyata memang benar, yang jual jarang, paling nemu dikit, harganya wow.
teringat kata si emang di bengkel yang bilang ukurannya sama, akhirnya gw coba cari tau maksud dari kode itu
dan hasilnya lumayan cukup mengagetkan, ternyata itu kode rahasia udah umum bagi tukang bengkel, mereka sangat paham betul maksud dari kode itu..
okeh kita buka rahasianya sedikit, demi sedikit, misalnya dari kode ban depan D102FA 70/90-17 M/C 38P
pertama kode D102FA, D itu menandakan bahwa itu ban merek dunlop, 102 itu adalah seri dari bannya, sedangkan F itu maksudnya Front alias depan, jadi kalo ada kode R nya berarti Rear alias belakang, nah kalau A setelah F masih belum nemu kunci jawabannya
Kemudian beralih ke 70/90-17, maksud 70 itu adalah maksudnya itu ban lebarnya 70mm, dan 90 itu adalah persentase rasio tinggi ban dari lebar ban, coba sendiri 90% nya dari 70 mm, nah pokoknya sekian deh, kemudian 17, nah kode 17 itu adalah kode ukuran dari velg atau velk ban yang kita gunakan, jadi kalau tulisannya 17 berarti ntuh ban untuk velg yang ukurannya 17 inchi
Nah kemudian beralih ke kode M/C, C nya itu maksudnya Compound dari ban, artinya cek sendiri di gugel, nah kode kode dari Compound itu yang gw tau ada tiga yaitu H, M dan S.
Kode Compound Ban
H = Hard
M = Medium
S = Soft
Setelah ini beralih ke bagian akhir yaitu 38P, ini adalah kode untuk kekuatan beban dari ban, 38P itu maksudnya beban maksimum 132kg dengan kecepatan maksimum 150km/jam
Kode Beban dan Kecepatan
INDEX BEBAN INDEX SPEED
KODE BEBAN KODE SPEED
30 106 kg B 50 km/jam
31 109 kg C 60 km/jam
32 118 kg D 65 km/jam
33 115 kg E 70 km/jam
38 132 kg F 80 km/jam
40 140 kg G 90 km/jam
41 145 kg J 100 km/jam
42 150 kg K 110 km/jam
43 155 kg L 120 km/jam
44 160 kg M 130 km/jam
45 165 kg N 140 km/jam
46 170 kg P 150 km/jam
47 175 kg T 190 km/jam
48 180 kg U 200 km/jam
Selain itu kadang juga kita menemukan kode lain misalnya TT atau TB, kalau TT biasanya Tube Type alias pake ban dalem, kalau TB biasanya istilah untuk Tubeless alias gak pake ban dalem.
dah segitu dulu save info nya, sekarang mau cari ban dulu yang cocok dengan kode tersebut